Etika Makan di Negara Negara ASIA


Etika Makan di Negara Negara ASIA

Asia Tenggara
Negara Thailand
            Makanan Thai dimakan dengan sendok di tangan kanan dan garpu di tangan kiri, namun secara tradisional, orang Thai makan dengan tangan. Hanya masakan mi atau sup berisi mi yang dimakan dengan sumpit dan sendok. Orang suku pedalaman di Thailand Utara dan Thailand Timur Laut memakan ketan dengan tangan. Sewaktu makan, ketan dicomot lalu dipulung menjadi bola kecil sebelum dicocol ke dalam lauk.

Asia Timur
Negara Jepang
Meja
            Di Jepang beberapa restoran dan rumah pribadi mempunyai meja yang rendah dan bantal. yang lebih tinggi dibandingkan dengan restoran gaya barat. Ini semua biasanya menggunakkan Tatami, (tikar jepang).
Itadakimasu dan Gochisosama
            Di jepang mereka mengatakan Itadakimasu (Mari Kita makan) sebelum makan dan mengucapkan Gochisosama (Terima kasih Atas Makananya) setelah selesai makan.
Makan secara Individu atau dengan piring bersama
            Bukan hal yang jarang di rumah-rumah pribadi atau di restoran tertentu ( misalnya: Izakaya )untuk berbagi beberapa hidangan makanan dimeja untuk semua orang daripada untuk satu hidangan per orang. Ketika makan dari piring bersama, kita mengambil hidangan sendiri dan memindahkan hidangan itu ke piring yang kita gunakan.
Sumpit
            Penggunaan Sumpit yang benar adalah unsur yang paling mendasar dari tata cara makan di jepang
Beberapa Aturan cara makan di Jepang :
·         Membuang ingus di depan umum, dan terutama di meja, dianggap sikap buruk.
·         Dianggap sopan santun jika anda mengosongkan piring Anda sampai pada butiran nasi terakhir.
·         Membicarkan tentang toilet atau hal-hal sejenis tentang sesuatu yang bisa menghilangkan selera makan sangat tidak dihargai oleh kebanyakan orang jepang.
·         Tidak seperti di beberapa negara bagian asia timur lainya. bersendawa dianggap hal yang tidak sopan.
·         Setelah makan, cobalah untuk memindahkan semua piring dan mangkok ke posisi awal seperti pada saat anda mulai makan. ini termasuk menganti tutup pada piring dan meletakan sumpit anda pada pemeggang sumpit atau dikembalikan pada slip kertas sumpitnya

Asia Barat
Negara Arab
            Anda tidak akan menemukan sendok dan garpu di meja-meja makan orang arab, karena kenikmatannya mereka lebih suka makan dengan tangan. Selain itu mereka suka makan ramai-ramai dalam satu tempat, misalnya nasi di tempatkan di wadah yang agak besar & dari wadah inilah mereka makan berjamah. Selain nasi juga di tumpuk daging, bisa daging kambing dan onta. Makanan Arab memang kebanyakan terbuat dari daging dan semacam roti yang bentuknya bulat.Salah satu kebiasaan lain ialah makan sambil ngobrol, bahkan jika makan sudah selesai, tetap dilanjutkan. Dan juga makanan berlebih setiap selesai makan. Ambilah makanan yang terdekat dengan anda, jika anda ingin mengambil makanan yang letaknya agak jauh, maka permisi terlebih dahulu, karena memang meja makannya besar dan panjang.

Asia Selatan
Negara India
            Di India, makanan dimakan sambil duduk di kursi, di lantai, di kursi rendah, atau di atas bantal untuk duduk. Secara tradisional, makanan dimakan langsung dengan tangan, biasanya dengan jari-jari dan telapak tangan kanan, tanpa sendok dan garpu. Sewaktu makan dengan tangan, suhu makanan bisa dirasakan dengan tangan sebelum disuap ke mulut. Mulut juga bisa dicegah dari melepuh akibat makanan panas.

 

0 komentar:

Posting Komentar